top of page

Siapa Sangka, Ternyata Ada Bahan Makanan Bisa Dijadikan Skincare Cocok Juga Buat Pria

Penulis : A.M Yusril Nur Azwad - 210104180159 - C

Source : brilistyle.brilio.net


Memiliki kulit wajah lebih cerah dan putih bukan hanya keinginan perempuan Indonesia saja, pria pun ingin memilikinya. Wajah yang mulus tanpa ada jerawat adalah idaman semua pria, namun semuanya juga harus dicapai dengan usaha ekstra. Cara memutihkan wajah pria dalam 1 minggu dengan cara yang alami bukan suatu hal yang sulit, kok. Bahkan jika kamu merawatnya dengan rutin, wajah kamu akan tampak lebih cerah dalam hitungan hari.

Untuk skincare, pastinya kita ingin menggunakan bahan yang aman dan enggak berbahaya. Maka dari itu, saat memilih produk kecantikan baiknya baiknya pilih bahan yang mengandung bahan alami. "Biasanya orang hanya berpikir bahan alami adalah bahan hypoalergenic. Padahal, sekali lagi bahan alami pun bisa menunjukkan adanya reaksi sebab masing-masing jenis kulit orang berbeda," demikian disampaikan Jennifer Chwalek , MD, dermatology

Apalagi, kalau mimin punya kulit sensitif. Bahan kecantikan alami masih bisa berisiko menimbulkan alergi. Nah, , berikut 7 bahan makanan yang bisa dijadikan skincare alami:

1. Pepaya Pepaya mengandung zat anti-jerawat dan kaya akan vitamin A dan C juga mineral. Kemudian, beta hidrozy acid, papain, potassium dan zat anti penuaan. Sehingga kulit bisa cemerlang. Caranya,

- haluskan 3-5 sdm pepaya,

- 1 sdm madu, pakai masker di wajah, diamkan 15 menit kemudian dibilas dengan air hangat.


2. Alpukat Buah berdaun hijau ini kaya akan omega 3 dan asam lemak omega 6 yang baik untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit lembut. Hancurkan 1 sdm alpukat, tambahkan 1 sdm lemon, oleskan di wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

3. Stroberi Stroberi bisa meremajakan kulit dan mentrisi kulit. Stroberi kaya akan vitamin, asam folat, dan antioksodan. Caranya hancurkan 3 sdm stroberi dan 1 sdt madu. Terapkan di kulit yang bersih selama 15 menit dan bilas wajah dengan air hangat.



Stroberi ramuan bahan alami pengganti skincare
Stroberi skincare

4. Aloe Vera

Aloe vera alias lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Inilah kenapa banyak produk yang menjadikannya sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan kulit.


Dilansir Medical News Today, bagian daging (gel) aloe vera kaya akan vitamin A, C, E, dan B12. Manfaat yang bisa kamu dapat banyak sekali, yaitu

  • Khasiat antiinflamasinya dapat mengurangi nyeri, bengkak, dan rasa sakit pada luka atau cedera.

  • Mendukung produksi dan pelepasan kolagen.

  • Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah terbentuknya jaringan parut.

  • Mempercepat pemulihan luka bakar tingkat satu dan tingkat dua.

  • Efektif dalam mengobati infeksi jamur dan bakteri.

  • Memiliki efek antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat penuaan kulit.

  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat terapi radiasi.

  • Mengandung 98 persen air, sehingga membantu melembapkan, menenangkan, dan menghidrasi kulit.

  • Membantu kulit tetap kenyal dan elastis.

  • Punya efek mendinginkan pada ruam kulit atau sunburn.

5. Yoghurt


Kehabisan masker, coba cek stok yoghurt di kulkas. Namun, sebelum buru-buru mengaplikasikannya ke muka, pastikan yang kamu pakai adalah plain atau greek yoghurt ya!

Kandungan natural alpha hydroxy acid dan lactic acid dapat membantu melembapkan kulit. Selain itu, yoghurt juga bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kekenyalan kulit, keseimbangan kolagen, sehingga dapat mencegah penuaan dini.


Menurut studi dalam "Journal of Cosmetic Science" tahun 2011, tekstur yoghurt dapat membantu mengunci kelembapan wajah. Selain itu, yoghurt juga dapat mendukung peningkatan elastisitas kulit. Ingat, seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagennya secara alami. Jadi, yoghurt bisa kamu andalkan sebagai masker alami.

Peningkatan elastisitas kulit juga penting untuk mencegah dan mengurangi garis halus dan keriput wajah. Studi dalam "International Journal of Women's Dermatology" tahun 2015, kandungan probiotik dalam yoghurt mungkin dapat membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.


Cara pakainya nggak ribet, tinggal oleskan di wajah selama merata. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air. Lakukan dua kali seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal. Kamu juga bisa mencampurkan yoghurt dengan bahan alami lainnya seperti madu, kunyit bubuk, atau aloe vera

Cukup mudah kan, untuk membuat kulit kamu tampak lebih putih? Terapkan tips di atas secara rutin




12 views0 comments

Comentários


!
Widget Didn’t Load
Check your internet and refresh this page.
If that doesn’t work, contact us.
bottom of page