top of page

Salah Satu Favoritnya K.H. Maruf Amin, 5 Makanan Khas Banten Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan!

Penulis: Muhamad Finla Dahvi Kusnandar - 210104180140 - C



( Masjid Agung Banten, salah satu ikon Provinsi Banten )

Rizki Yulian - unsplash.com



Banten, provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini merupakan rumah kelahiran bagi para tokoh terkenal tanah air seperti Slamet Rahardjo, Ayudia Bing Slamet, Saipul Jamil, hingga Wapres RI K. H. Maruf Amin.


Tidak hanya melahirkan sosok-sosok bertalenta, Banten juga memiliki seni budaya yang melegenda. Salah satunya adalah debus yang kerap menarik atensi masyarakat lewat atraksi-atraksi magisnya.


Selain kesenian, kekayaan citarasa khas yang menggugah selera para foodies juga dimiliki oleh Banten, seperti 5 daftar makanan ini yang dijamin bikin kamu mouthwatering karena kelezatannya!


Check this out..


5. Nasi Bakar Sumsum, Gurihnya Melumuri Lidah



( Nasi Bakar Sumsum )

galerimma - instagram


Berasal dari Serang dan sudah dikenal sejak 1941, masakan yang bercitarasa gurih ini dibuat dari nasi matang yang dipadukan dengan rempah-rempah. Usai seluruh bahan terpadu, barulah ditambahkan sumsum dari tulang kerbau atau sapi, lalu dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dibakar.


Karena dimatangkan dengan cara dibakar, Nasi Sumsum mengeluarkan aroma yang khas serta citarasa yang sangat lezat yang dapat membangkitkan selera makan.


4. Kue Jojorong, Dessert Tradisional Dengan Kelezatan Maksimal


( Kue Jojorong )

@titawsari - instagram


Berwadahkan daun pisang berbentuk kotak dan diracik dari tepung beras, tepung kanji, santan, serta gula merah, Kue Jojorong dari Kabupaten Pandeglang, Banten ini umumnya disajikan pada perayaan hari-hari besar seperti Idul Fitri & Idul Adha.


Lelehan gula merah di dalam dan lembutnya balutan tepung di luar membuat rasa manisnya berpadu dalam lidah. Namun, karena mengandung santan, kudapan ini perlu segera dihabiskan setelah disajikan.


3. Gerem Asem, Kombinasi Rasanya Eksplosif!


( Gerem Asem )

@pawon_ndenjun - instagram


Santapan khas Serang Timur ini merupakan makanan berkuah seperti soto/sop yang berbahan baku daging ayam/bebek. Sajian ini mempunyai cita rasa menakjubkan, karena selain gurih seperti masakan pada umumnya, ada rasa unggulan yaitu pedas yang cukup membuat berkeringat berpadu dengan asam yang menambah sensasinya.


Meskipun rasa pedasnya cukup nendang, Gerem Asem hampir tidak akan mengakibatkan mulas pada perut kita karena perpaduan bahan-bahan di dalamnya mampu menetralisir efek samping dari rasa pedas maupun asamnya. Bahan-bahan tersebut di antaranya daun salam, bawang merah, asam, cabai rawit, cengkeh, dan gula merah.


2. Kue Pasung Merah, Sweets After Eats



( Kue Pasung Merah )

genpi.co


Berbahan dasar tepung beras dan gula merah yang dibungkus daun pisang mengerucut seperti cone eskrim, kue asal Lebak ini bercitarasa manis dan lembut saat disantap.


Di dalam kue pasung inipun terdapat beberapa potongan kecil kelapa maupun buah nangka. Buah tersebut semakin memperkaya cita rasa dan aroma kuat dari kue yang biasa disajikan ketika hajatan atau acara besar tersebut. Kue inipun cocok dinikmati sebagai pencuci mulut sehabis makan.


1. Ikan Bandeng, Favoritnya Wapres RI



( Sate Ikan Bandeng )

@explore_serang - instagram


Dalam wawancaranya bersama Raffi Ahmad pada kanal RANS Entertainment, Wapres K. H. Maruf Amin menuturkan bahwa salah satu makanan favoritnya adalah bandeng khas Banten.


Umumnya, Ikan Bandeng khas Banten disajikan dalam bentuk sate yang dihilangkan duri-durinya agar hanya tersisa daging halus dan kulitnya saja untuk dilumuri rempah-rempah. Tusukan sate inipun bukan tusuk sate pada umumnya, melainkan tangkai bambu tipis yang memanjang.


Daging ikan bandeng bertekstur lembut dan sedikit kenyal. Rasa gurih dan aroma paduan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, santan, gula merah, dan ketumbar yang membalut ikan ini menyatu pada setiap gigitan, sehingga sate bandeng memiliki kelezatan tiada tara bagi para penyantapnya.


Gimana? Kabita kan kalian? Pokoknya kalau ke Banten, wajib banget kalian cobain daftar makanan yang ada di list ini nih!


Dan buat kamu yang hendak melancong ke Banten, Eatcited punya pantun nih buat kamu..



Jalan-jalan sama Juminten

Pulangnya membeli terasi

Kalau tuan pergi ke Banten

Jangan lupa memakai pangsi


Sampai jumpa!

Komentáre


!
Widget Didn’t Load
Check your internet and refresh this page.
If that doesn’t work, contact us.
bottom of page