top of page

Makan Khas Daerah Yang Wajib Kamu Coba!!

Updated: Mar 30, 2021

Memiliki citra rasa kuliner yang terkenal dengan keaslian dan bagaimana identitas bangsa ditunjukkan, banyak makanan khas Indonesia saat ini sudah tak asing lagi di berbagai belahan dunia.


Memiliki rasa yang kaya akan rempah, tak heran jika masyarakat Internasional juga menyukai makanan khas asal Indonesia. Seperti beberapa makanan asal Indonesia yang sudah mendunia karena rasanya yang dapat memikiat masyarakat dari berbagai belahan dunia.


Kira-kira makanan apa saja yang namanya sudah mencapai pasar Internasional? Yuk, simak jawaban lengkapnya di bawah ini!



1. Rendang


Salah satu menu makanan yang selalu digemari masyarakat Indonesia ini juga tersohor hingga penjuru dunia. Rendang, makanan khas asal Sumatera Barat yang kaya akan rasa rempah lokal ini berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu.


Rasanya yang khas dan daging yang empuk menjadi faktor penentu utama dari rendang itu sendiri. Tak jarang jika rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang dengan mudah mendapat hati dari masyarakat di belahan dunia.


2. Coto Makassar


Sesuai dengan namanya Coto Makassar adalah hidangan berkuah yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Di setiap jalan di kota Makassar, dapat dengan mudah ditemukan warung-warung yang menyediakan Coto Makassar. Rasa hidangan ini di setiap warung memang hampir-hampir sama, tapi yang membuat berbeda adalah bumbu tambahan yang diberikan oleh masing-masing pedagangnya. Dan itu menjadi rahasia dapur masing-masing.


Coto Makassar berbahan dasar daging sapi, ditambah dengan jeroan sapi, berupa paru, hati, usus, jantung, dan babat. Sementara bumbu kuahnya merupakan perpaduan sejumlah rempah-rempah dan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Enak tidaknya hidangan ini memang sangat bergantung pada bumbu kuahnya.


3. Gado-Gado



Jika biasanya kebanyakan salad sayur dipadukan dengan lumuran mayonaise, Indonesia juga memiliki salad sayur yang tak kalah nikmat. Gado-gado, makanan khas Jawa yang biasa disebut sebagai "saladnya" Indonesia juga cukup terkenal di luar negeri, terutama di Napoli, Italia.


Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama. Terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, serta cita rasa yang dinilai sangat tinggi. Bosan dengan salad sayur yang dipadukan dengan mayonaise, saatnya mencoba salad asal Indonesia yang dilumuri dengan bumbu kacang yang nikmat!


4. Gudeg



Jika pergi ke Yogyakarta, tidak afdol jika tidak memakan makanan khas daerah khas kota pelajar itu. Salah satu makanan khas mereka adalah gudeg. Makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengasantan ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan di kalangan internasional. Pasalnya, banyak negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan.


Menariknya lagi,di Melbourne, Australia, terdapat satu restoran yang telah menyajikan gudeng di Indonesia, tepatnya di Clayton







5 views0 comments

Comentários


!
Widget Didn’t Load
Check your internet and refresh this page.
If that doesn’t work, contact us.
bottom of page